Profil

Pelabuhan Tanjung Priok adalah salah satu daerah yang menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi di Jakarta. Karena di daerah ini merupakan daerah tempat keluar masuknya barang-barang ekspor impor terbesar di Indonesia.Nilai sirkulasi ekonomi di daerah ini dalam setiap harinya berjumlah milyaran rupiah. Namun kondisi tersebut sangat kontras dengan kehidupan para buruh yang bekerja secara langsung membantu menaik turunkan kontainer-kontainer dari dan ke kapal. Pada umumnya kondisi kehidupan para buruh berada dalam taraf hidup kurang sejahtera. Hal ini terjadi karena keterbatasan penghasilan atau upah yang diberikan perusahaan kepada buruh masih sangat minim bahkan terkadang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja tidak mencukupi. Setiap buruh bekerja selama 12 hari – 28 hari/bulan,dengan penghasilan rata-rata Rp 600 ribu s/d satu juta per bulan.

Situasi dan kondisi keluarga buruh seperti disebutkan diatas ternyata cukup berdampak bagi kelangsungan pendidikan anak-anak buruh. Secara umum anak-anak buruh mengalami kerentanan putus sekolah yang cukup tinggi, bahkan banyak pula yang sudah mengalami drop out dari sekolah। Anak-anak yang drop out sekolah dan tidak memiliki kegiatan alternatif kondisinya cukup rentan dengan berbagai kejahatan bahkan ada yang terlibat kasus kriminal.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut agar anak-anak buruh bisa mendapatkan hak-haknya terutama hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, diperlukan kepedulian dari berbagai pihak terutama orang tua anak itu sendiri.

PROGRAM BEASISWA

Serikat Pekerja PT. Jakarta International Container Terminal (SP JICT) telah merumuskan program beasiswa DOLPHIN untuk anak-anak buruh di lingkungan pelabuhan Tanjung Priok. Pada tahun 2007 ini anak-anak yang mendapatkan beasiwa dari SP JICT berjumlah 150 anak dari mulai tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Umum (SMU) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Anak-anak yang mendapatkan program beasiswa ini tidak harus berprestasi tetapi mereka yang berasal dari keluarga buruh dan mengalami kerentanan putus sekolah.

SISTEM BEASISWA

Program beasiswa DOLPHIN menggunakan sistem mekanisme sebagai berikut :

Data Base di Website :

Program beasiswa ini akan dikelola secara transparan, data-data kondisi anak didik dan orang tua anak akan dimasukkan kedalam data base di website yang selalu di Update. Website ini bisa diakses secara langsung oleh orang tua asuh atau siapa saja yang memerlukannya.

Kerjasama dengan pihak sekolah :

Untuk memperlancar anak-anak bersekolah dan menghindari terjadinya kasus-kasus yang tidak diinginkan program beasiswa ini akan bekerjasama secara langsung dengan pihak sekolah, baik mengenai pembayaran biaya sekolah ataupun mengenai pemantauan prestasi anak didik.

Laporan Perkembangan Anak :

SP JICT akan memberikan laporan perkembangan anak didik secara tertulis setiap 4 bulan sekali kepada orang tua asuh dan pihak-pihak terkait mengenai perkembangan anak didik.

ORANG TUA ASUH

Orang tua asuh program beasiswa DOLPHIN berasal dari para pekerja PT. JICT. Dan kedepan akan dikembangkan kepada para pekerja/perusahaan yang peduli pada program-program sosial yang berada di sekitar daerah pelabuhan Tanjung Priok .

 

SHARING BIAYA

Hal-hal yang di biayai oleh orang tua asuh dalam program beasiswa DOLPHIN ini adalah apa saja yang terkait dengan biaya sekolah anak meliputi :

1.Seragam Sekolah

2.SPP (bagi sekolah yang belum geratis)

3.Ekstra Kurikuler/Les Pelajaran

4.Buku-buku

5.Transport

6.OSIS

7.Pramuka

8.dll.

Namun untuk menghindari adanya ketergantungan baik dari orang tua anak ataupun anak didik itu sendiri SP JICT memutuskan untuk dilakukan sharing biaya antara orang tua anak dan orang tua asuh. Dari jumlah biaya secara keseluruhan, berapa kesanggupan orang tua anak untuk biaya sekolah tersebut dan lainya akan dibiayai oleh orang tua asuh.

PAKET BEASISWA

Untuk mempermudah penggalangan dana dari orang tua asuh SP JICT membuat paket pembiayaan program beasiswa DOLPHIN yaitu per paket beasiswa senilai :

Paket 1. Rp. 50.000;

Paket 2. Rp. 100.000;

Paket 3. Rp. 150.000;

Paket 4 Rp. 300.000 Seragam/th suka rela.

 Orang tua asuh dapat membeli lebih dari satu paket beasiswa di berbagai tingkatan sekolah anak

MENERIMA PENDAFTARAN

Guna memperluas kesempatan menjadi orang tua asuh dalam rangka menyelamatkan generasi bangsa dari kebodohan, SP JICT membuka kesempatan bagi siapa saja yang berminat untuk menjadi orang tua asuh baik dari perusahaan, pengusaha, dan karyawan yang berasal dari luar PT. JICT. Bagi yang berminat dipersilahkan menghubungi sekretariat program beasiswa DOLPHIN SP JICT di :

Gate House 2nd fl.Jl. Sulawesi Ujung No. 1 Tanjung Priok, Jakarta Utara 14310. Telp. (021) 43905111 ext. 2208, 4818 Fax.(021) 4304937.