Profil SPJICT

1 (6)_1

Serikat Pekerja Jakarta International Container Terminal (SP JICT) merupakan salah satu serikat pekerja yang telah dikenal di kawasan pelabuhan Indonesia. Sejak awal berdiri pada tahun 1999, SP JICT telah memiliki anggota lebih dari 950 orang.

 

Dalam rentang 1999-2015, JICT telah berganti kepengurusan sebanyak 6 kali dan masing-masing kepengurusan telah menciptakan milestone atau tonggak sejarah masing-masing. Beberapa diantaranya yakni terbentuknya serikat pekerja JICT yang diawali ancaman pemecatan terhadap 200 pekerja di awal konsesi tahun 1999, diakuinya masa kerja karyawan yang sebelumnya dihapuskan diawal privatisasi JICT, terbentuknya Perjanjian Kerja Bersama (PKB) JICT, meningkatnya kesejahteraan pekerja secara seiring dengan pertumbuhan perusahaan, terbentuknya aliansi/afiliasi JICT dalam skala nasional dan internasional serta mendorong manajemen untuk senantiasa memajukan perusahaan yang membuahkan hasil JICT diakui sebagai terminal petikemas terbaik di Indonesia dan salah satu yang terbaik di Asia.

 

SP JICT berkomitmen penuh terhadap pertumbuhan perusahaan dan kesejahteraan anggotanya seraya berperan aktif dalam perjuangan bersama buruh transportasi dan pelabuhan.